MEDIA PEMBELAJARAN


Hari selasa, (19/2) saya bergegas penuh semangat masuk ke kelas 2 untuk menyampaikan materi mengenai dongeng bahasa indonesia. Cerita dongeng anak hari ini tentang "tersesat di hutan". Tujuan dari pembelajaran ini dapat mendengarkan dan menceritakan kembali dongeng yang kamu dengar dengan kata - katamu sendiri.

Yuk. Kita baca cerita dongeng anak hari ini.
"Andi sedang berkemah di hutan. Pada saat andi berkeliling hutan ternyata tersesat. Andi menangis kemudian, mendengar suara. "Jangan menangis anak kecil, aku bisa membantumu untuk pulang" kata pohon pinus. Andi takut dan gemetar suara dari mana itu. Ternyata itu suara pohon pinus yang baik. 

"Ada syaratnya, tolong bilang ke penduduk desa untuk tidak menebang pohon sembarangan karena akan mengakibatkan banjir besar". Guru membacakan cerita dongeng anak tersebut belum dengan media pembelajaran. Selanjutnya, siswa yang akan mempraktikkan dengan lisan di depan teman - temannya secara bergantian dengan kata - kata sendiri. "Ibu aku mau dong seperti ibu baca ceritanya". Kata nafawal. Ada siswa yang berkata "kok ibu bisa sih buat seperti ini, lucu aku suka". Seru lela.
Nah, itulah petikkan dari cerita dongeng anak di kelas 2.



Berkaitan dengan pemanfaatan kardus bekas sebagai media pembelajaran untuk dongeng anak. Di sesuaikan dengan materi ajar dengan medianya. Ada hal positifnya dari segi konsentrasi dan kefokusan siswa dalam menyimak atau mendengar. Kemudian, media kardus tersebut penuh warna dan gambar sehingga anak menyukainya.
Sebenarnya sedang terjadi belajar mengajar akan tetapi dibuat seperti sedang bermain sehingga mereka pun menjadi nyaman.




Komentar