Energi alternatif adalah energi yang dapat menggantikan minyak bumi yang merupakan salah satu energi yang diperoleh dari fosil yang tertimbun jutaan tahun lalu dan akan habis karena digunakan terus-menerus.
Awal pembelajaran, Guru menyampaikan jenisnya kemudian melakukan tanya jawab tentang manfaatnya dan kelebihannya dibanding energi minyak bumi, Abu bakar As-Siddiq mengutarakan pendapatnya, salah satunya adalah Riski: Energi alternatif gampang didapatkan dan murah, Ms... guru membenarkannya dan memberinya reward dengantepyk tangan dari semua siswa (04/09).
Guru melakukan percobaan energi alternatif baterai buah di depan kelas sambil menjelaskan akan kandungan asam sitrat sebagai elektron lemah yang dapat mengalirkan lisrik dan dapat menyalakan lampu LED nantinya. Rifqi mengangkat tangannya dan bertanya: Ms, kutub positif dan negatif nya dari mana ms? Guru mengajak semua siswa berfikir kritis untuk dapat menjawab pertanyaan Rifqi. Setiap siswa mengutarakan pendapatnya dan pendapat Dimas yang paling tepat, "Paku sebagai kutub negatif dan koin sebagai kutub positif" Dimas menjawab. Guru membenarkannya dan seluruh siswa memberikan tepuk hebat untuk Dimas.
Adapun bahan-bahannya adalah:
1. Penjepit buaya
2. 4 buah lemon
3. Kabel
4. Lampu LED
5. Paku
6. Koin pengganti tembaga
Guru membagi siswa ke dalam beberapa Kelompok untuk dapat mendemonstrasikan experiement energi listrik dari buah seperti apa yang sudah di contohkan oleh guru. Alhamdulillah , abu bakar As-Siddiq dapat melakukan semua tahapannya secara runtun, setelah itu siswa menuliskannya tahapannya dalam buku kerja siswa secara individu.
Tujuan pembelajaran experimen adalah melatih peserta didik menggunakan logika berfikir induktif untuk menarik kesimpulan dari fakta, informasi atau data yang terkumpul melalui percobaan.
Contributed by: Dian Islamiati Harahap, S.Pd
Komentar
Posting Komentar