Suasana yang menyenangkan, diawali dari kelas 4 menyanyikan lagu "menanam jagung" karya Ibu Sud ( jagung adalah salah satu sumber energi berupa makanan untuk manusia), mereka menyanyikannya dengan kompak dan semangat, Jum'at (23/08).
Guru meminta siswa untuk membaca buku siswa tema 2 subtema 2 pembelajaran ketiga tentang manfaat energi listrik dengan metode membaca mandiri. Setelah itu, guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar apa yang sudah dibaca dan berdiskusi untuk menghindari kesalahpahaman mereka dalam bacaan.
Guru merangsang kreatifitas siswa dengan meminta mereka untuk membuat mind mapping sesuai dengan apa yang sudah dibaca. Kenapa mind mapping ? Pertama, untuk membangun kekreatifitasan siswa
Kedua, meningkatkan daya ingat siswa menjadi Long Term Memory terhadap pembelajaran. Terakhir, untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran .
Guru bertanya kepada siswa tentang hak dan kewajiban dalam penggunaan energi listrik. Siswa menuliskannya dengan membuat tabel lalu mengelompokkannya.
Guru merangsang kembali kekreatifitasan siswa dengan membuat poster hemat energi. Guru menjelaskan cara membuat poster dengan baik.
Alhamdulillah , Abu Bakar As-siddiq dapat membuat poster dengan gambar sesuai tema, gambar menarik, bahasa ajakan yang singkat dan mudah dimengerti. Setelah itu, mengisi rubrik penilaian yang berisi tentang hasil poster yang sudah mereka buat dengan menjawab 'Ya atau Tidak'.
Di akhir pembelajaran, guru mencoba keberanian mereka dengan berkampanye menyeru gerakan hemat energi dengan poster yang sudah mereka buat di depan kelas.
Harapan dengan kegiatan membaca variatif ini adalah untuk membuat kegiatan membaca lebih kreatif, bermakna, dan menyenangkan.
Komentar
Posting Komentar