OUTING CLASS "Membangun Karakter Cinta Lingkungan"















Pagi yang berbeda di SD Juara Tangerang yang sudah ramai dengan kendaraan angkutan umum yang terparkir di lapangan sekolah (31/10). Para orang tua yang mengantarkan anak,  komite sekolah yang mempersiapkan menu sehat,  guru-guru yang menanyai persiapan siswanya,   siswa SD Juara Tangerang yang bercerita,  bercanda,  dan memeriksa barang bawaannya. Semua itu menciptakan suasana yang berbeda dari biasanya. 

Tujuan dari outing kali ini adalah membangun karakter siswa yang peduli akan bumi,  lingkungan, dan mahluk hidup lainnya dengan memahami bagaimana cara menjaga, merawatnya dan mempunyai karakter yang bertanggung jawab. Setelah seluruh siswa melaksanakan shilat duha dan mendapatkan menu sehat, seluruh siswa berangkat menuju Scientia Square Park yang berlokasi du Sumarecon, Serpong Tangerang pada pukul 07.10. Sesampainya disana, para pendamping memandu ke tempat istirahat, disana para pendamping berkenalan dengan siswa,  memandu ice breaking,  membagi pendamping untuk setiap kelas,  dan memberikan pesan untuk menuruti semua arahan pendamping. Pendamping untuk Abu Bakar As-Siddiq adalah Kak Yuda. Ia sangat ramah dan dalam memandu siswa kelas 4.

Sesuai dengan susunan kegiatan yang diberikan sebelumnya, Abu Bakar memulai kegiatannya yaitu 'Understanding Koi Farm' kegiatan ini mengajarkan siswa asal ikan Koi,  perkembangannya, cara merawatnya. Alhamdulillah Kak Yuda menjelaskan akan semua hal tersebut. Setelah itu, Kak Yuda  . memberikan intruksi untuk memberi makan ikan Koi. Abu Bakar As-Siddiq sangat antusias melakukan kegiatan tersebut bahkan ada diantara mereka yang sengaja menyelupkan tangannya untuk bersentuhan langsung dengan ikan Koi. " Ms,  aku masukin tangan aku ke dalam kolam, gigitannya g sakit" ujar Dimas semangat. 

Kegiatan kedua adalah 'Edible Garden'Diswa mendapatkan banyak sekali pembelajaran karena kegiatan ini mengajarkan siswa berbagai macam sayuran dari yang biasa di konsumsi dan sayuran yang asing bagi Abu Bakar As-Siddiq. Petani sayuran datang,  ia adalah Kak Stiven,  Ia menjelaskan macam tumbuhan, manfaatnya,  sampai cara mengolahnya. Abu Bakar As-Siddiq sangat antusias mendengarkan penjelasannya dan terlihat dari muka polos mereka yang bersaha untuk memahaminya dengan baik. Setelah itu,  Kak Stiven memberikan oleh-oleh yaitu bayam merah yang langsung dapat dipanen oleh semya siswa, setiap siswa boleh mengambil 5 bayam merah. Abu Bakar As-Siddiq menunjukkan hasil panennya dan Kak Yuda  Mendokumentasikannya. Semua siswa memasukkannya ke dalam plastik.  Abu Bakar memberikan ucapan terima kasih kepada Kak Stiven.

Setelah berkebun,  kegiatan selanjutnya adalah 'Paddy Field' kegiatan ini mengajarkan bagaimana tumbuhan padi menjadi beras kemudian nasi sebagai makanan pokok bangsa Indonesia. Pak tani menjelaskan cara bercocok tanam dan tandur. Pak tani mengajak siswa untuk menandur padi, tapi sebelum itu,  pak tani menjelaskan peraturan agar kegiatan dapat berjalan kondusif. Peraturannya adalah :
1. Siswa menggunakan topi bambu
2. Mengangkat celananya
3. Berjalan denfan menyeret kaki
4. Menancapkan tumbuhan padi berbaris dengan jarak 1 jengkal ,  dengan posisi ruku'
"Pak,  kenapa di harus di beri jarak,?" Pak Tani menjawab " agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik ". Alhamdulillah,  Abu Bakar As-Siddiq dapat melakukannya dengan baik, sesuai aturan,  dan rapi.

Setelah semua siswa kelas 4 bersiap kembali,  Kak Yuda mengajak siswa untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu 'meet David the buffalo'. Siswa kelas 4 sangat senang melihat kerbau,  meteka menegangnya dan Alhamdulillah mereka menyayanginya dan tidak menganggunya. Namun, masih ada beberapa siswa yang masih belum berani memegang kerbau. Kak Yudamengenalkan nama kerbau dan keluarganya, "yang ini namanya,  Victoria,  dan suaminya David Sedang tidak ada disini, yang di belakang anaknya dan Namanya adalah Romeo.Dimas tertantang untuk menaiki kerbau Victoria,  Alhamdulillah ia berhasil menaikinya terlihat kebahagiaan dan kecemasan dari mukanya. Salwa juga menaiki Victoria, tapi tidak untuk

Waktu yang lama,  ia sudah berteriak minta untuk diturunkan,  "pak,  udah turun,,  turun," pinta Salwa.  Rifki menaiki anaknya,  tapi lucunya, setelah menaikinya ia sangat ketakutan dan minta untuk diturunkan,  teman-temannnya menyandainya denfan menjauhinya,  ia pun semakin berteriak kencang. Setelah ia berhasil turun,  semua orang menertawainya dan ia pun juga tertawa akan sikapnya. 

Selanjutnya kak Yuda mengajak Abu Bakar As-Siddiq untuk menemui 'Owl si burung hantu' ada 2 burung hantu disana, mereka adalah Casper dan Sky.  kak Yudamenjelaskan karater burung hantu " Casper adalah burung hantu yang lincah dan Sky adalah burung hantu yang agresif. Setiap siswa memberanikan diri untuk dapat memegangnya.

Kegiatan ke-6 adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh Abu Bakar As-Siddiq yaitu 'rabbit island' mereka berbaris dan memasuki taman kelinci yanf unik,  sejuk dan pastinya ramai dengan kelinci. Kak Yuda menjelaskan tentang cara mengurus kelincu dengan benar,  mereka berbaris rapi dan mendengarkan penjelasan dengan cukup baik.  Banyak sekali pertanyaan Abu Bakar As-Siddiq salah satunya dari Kiki "Kak, kenapa kelinci g boleh diberi wortel terus?"  " jika diberi wortel atau sayuran terus nanti buang kotorannya agak cair dan bau,  lebih buruknya lagi,  akan menyebabkan kelinci cepat mati.  " Pantesan, kak kelinci saya mati" ujar Luthfia . Kak Yuda memberikan pertanyaan " Kenapa kita harus memakai sarung tangan jika ingin memegang anak kelinci yang baru lahir? " Abu Bakar berfikir,  dari barisan belakang Denis menjawab "nanti kalau dipegang langsung pakai tangan tanpa sarung tangan, ibu kelinci tidak menganggap dan mengurusi  anaknya, seperti kucing" .  Kak Yuda membenarkan dan melengkapi jawabannya. Kak Yuda menjelaskan aturan memegang dan merawat kelinci:
1. Tidak boleh kupingnya
2. Gendong kelinci dengan 2 tangan
3. Tidak mengejar kelinci
4.  Beri makan kelinci dengan memegangi makananya ke mulut kelinci bukan dilempar.
Setelah Abu Bakar memahaminya, kak Yuda mempersilahkan mereka merawat kelinci sesuai dengan aturan yang sudah dijelaskan. Alhamdulillah mereka bisa melakukannya dengan baik. 

Kegiatan terakhir adalah 'horse riding' Abu Bakar As-Siddiq sangat semangat untuk menaiki kuda,  suswi kelas 4 lebih memilih menaiki delman, sedangkan siswa kelas 4 menaiki kuda. Mereka menunggu giliran sambil beristirahat di area burung hantu. 

Alhamdulillah semua kegiatan sudah dapat dilaksanakan dengan baik, semoga dengan outing class kali ini yang memberikan edukasi yang luar biasa dapat membuat siswa lebih paham atas maha agung Allah dengan segala ciptaanya dan dapat memberikan kesadaran untuk mereka mencintai lingkungandan  peduli melindungi, dan menjaga semua mahluk hidup sesuai dengan pembelajaran yang mereka sudah pelajari di tema 3 peduli terhadap mahluk hidup.

Komentar