Ayo Bermain Peran


Kamis, 26 Maret 2020

Tak terasa hampir 2 pekan ini kelas 2 Umar bin Khattab melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tidak patah semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Ketika melakukan kegiatan pembelajaran munculah rasa rindu yang teramat. Apalagi ketika sedang berinteraksi secara online, kenangan-kenangan yang pernah dilalui bersama teman-teman kelas 2 sungguh begitu indah. Momen-momen yang kami lalui penuh tawa, canda, dan ada pula tangis.

Walau begitu temen-temen kelas 2 selalu berkata "bu guru aku kangen" kata-kata itulah yang terus membuatku semangat sampai hari ini.
Walau tak bisa melihat senyum manis teman-teman, tingkah laku yang kadang membuat bangga, lucu, dan kesal juga. Tapi saya yakin teman-teman dimanapun kalian belajar, kalian pasti akan melakukan yang terbaik. Dan saya akan selalu bangga dengan semua hasil pembelajaran teman-teman..

Seperti biasa pembelajaran hari ini dimulai dengan pembiasaan pagi, berolah raga, membantu orang tua, mencuci piring, menyiram tanaman, membersihkan rumah dan lingkungan. Lalu diteruskan dengan solat dhuha, dzikir, dan doa. Tentunya tak lupa pula untuk menyetorkan hafalan surat pendek Al-Qur'an juz 30.

Materi pertama hari ini yaitu bermain peran bersama keluarga. Siswa diminta untuk bermain peran dengan dongeng "Katak kecil dan Ular kecil" ada satu siswa yang menjadi perhatian saya yaitu nayla, kekompakan yang diperlihatkan oleh nayla dan keluarga membuat saya kagum. Dalam dongeng ini nayla berperan sebagi katak kecil, kakaknya berperan sebagai ular kecil, dan bunda nayla berperan sebagai pencerita dan ibu katak serta ibu ular. Bak seperti pendongeng profesional nayla dan keluarga pun mendongeng dengan baik. Intonasi, pelafalan, dan penghayatan karakter sangat baik. Setelah selesai bermain peran bunda dan nayla bertanya jawab.

Bunda : apa pesan yang terdapat pada dongeng tersebut??
Nayla : bermain itu menyenangkan.
Bunda : siapa saja tokoh yang terdapat dalam dongeng tersebut?
Nayla: Katak kecil, Ular kecil, Ibu ular, ibu katak
Bunda : mengapa katak kecil dan ular kecil tidak boleh bermain?
Nayla : karena perbedaan mereka yang mengharuskan mereka tidak bisa bermain lagi.
Bunda : bagaimana perasaan katak kecil dan ular kecil diakhir cerita?
Nayla : mereka bersedih karena larangan dari ibu mereka tidak boleh bermain bersama lagi.
Bunda : bagaimana perasaanmu setelah bermain peran pada dongeng katak kecil dan ular kecil?
Nayla : sangat menyenangkan
Tanya jawab pun diakhiri dengan ucapan terimakasih dari nayla dan bundanya.

Pada pembelajaran ini dapat dilihat bahwa kerjasama dan dukungan dari keluarga dapat membuat hasil pembelajaran sangat baik.

Materi selanjutnya yaitu pkn, siswa diminta untuk menentukan berasal dari manakah ke 4 gambar, dapat dilihat dari pakaian yang digunakannya.

Materi selanjutnya yaitu mengenal pecahan dengan gambar, siswa diminta untuk membuat 4 gambar, masing-masing 2, 3, 4, dan 5. Lalu mewarnai satu gambar pada masing-masing gambar, dan menulis lambang pecahannya.
Alhamdulillah semua siswa dalam evaluasi menyatakan bahwa siswa dapat memahami tentang menulis simbol pecahan. Dan pembelajaran matematika merupakan pembelajaran favorit untuk siswa "pembelajaran yang aku suka hari ini yaitu menulis lambang pecahan, karena soalnya mudah bu, aku mudah memahami" ucap Upi pada saat evaluasi pembelajaran.

Hari ini pun pembelajaran berjalan dengan baik. Itu semua karena kerjasama orangtua, siswa, dan guru. Semoga semuanya selalu diberi kesehatan. Semoga kondisipun membaik dan akhirnya kita bisa berkumpul kembali. Semangat terus teman-teman. Pembelajarn diakhiri dengan mengucap syukur dan terimakasih untuk semuanya.












Komentar