Kontributor by Lidia Siska, S.Pd
Kamis, 19 Maret 2020
Belajar adalah suatu kegiatan yang sebenarnya menyenangkan. Kegiatan pembelajaran biasanya dilakukan di sekolah, bersama teman-teman dan dibimbing oleh guru yang baik. Serta dengan kelas yang baik. Maka akan tercipta suasana belajar yang efektif/kondusif serta menyenangkan. Dengan belajar banyak pengetahuan baru yang kita dapatkan, dan banyak hal-hal baru yang kita rasakan. Apalagi belajarnya dengan berbagai media dan metode yang yang tepat maka belajar akan makin menyenangkan.
Namun telah 4 hari siswa kelas 2 Umar bin Khattab melakukan kegiatan pembelajaran di rumah, di dampingi oleh keluarga. Disini tugas guru yaitu membuat rencana kegiatan pembelajaran di rumah agar dapat dilaksanakan dengan baik dan menyenangkan. Serta bisa menjadi moment yang menyenangkan dengan keluarga. Disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan bagi putra-putrinya. Jika orang tua memiliki peran aktif maka pembelajaran akan berjalan dengan baik dan menyenangkan, tapi jika orang tua pasif maka pembebelajaran akan berjalan kurang baik dan membosankan.
Hari ini kelas 2 Umar bin Khattab memulai kegiatan pembelajaran dengan pembiasaan pagi, membantu orang tua, membersihkan rumah dan lingkungan, sholat dhuha, setoran hafalan, lalu masuk materi.
1. Pembelajaran pertama B.Indonesia yaitu mendengarkan dongeng yang telah saya rekam.
Tugas anak menyebutkan tentang pesan dari dongeng tersebut, lalu mengerjakan latihan soal yang dibimbing oleh orang tua.
Tugas anak menyebutkan tentang pesan dari dongeng tersebut, lalu mengerjakan latihan soal yang dibimbing oleh orang tua.
2. Pembelajaran sbdp yaitu siswa diminta untuk memperhatikan gambar pada buku lalu mewarnai pada kotak : hijau jika gambar menunjukkan sikap hidup rukun dan merah jika gambar menunjukkan sikap tidak rukun.
Lalu orang tua bertanya jawab
Bunda : apakah kamu hidup rukun dengan keluargamu ?
Nayla : iya
Bunda : apakah kamu hidup rukun dengan temanmu?
Nayla : iya
Bunda : Sebutkan contoh sikap hidup rukun dengan temanmu
Nayla : bermain bersama, tidak bertengkar dengan teman.
Lalu orang tua bertanya jawab
Bunda : apakah kamu hidup rukun dengan keluargamu ?
Nayla : iya
Bunda : apakah kamu hidup rukun dengan temanmu?
Nayla : iya
Bunda : Sebutkan contoh sikap hidup rukun dengan temanmu
Nayla : bermain bersama, tidak bertengkar dengan teman.
3. Pembelajaran sbdp yaitu anak mendengarkan rekaman mengenai pola irama sederhana, perbedaan suara berirama pendek dan berirama panjang.
Dengan bimbingan keluarga anak diminta meniruka suara yang ada pada tabel lalu menentukan jenis iramanya apakah irama pendek atau irama panjang.
Dengan bimbingan keluarga anak diminta meniruka suara yang ada pada tabel lalu menentukan jenis iramanya apakah irama pendek atau irama panjang.
Pembelajaranpun selesai, pada evaluasi seperti biasa saya menanyakan kegiatan apa saja yang dilakukan, lalu sayapun menanyakan perasaan mereka. "apakah kegiatan hari ini menyenangkan?" Sudah 4 hari kegiatan pembelajaran di rumah jawabannya masih tetap sama "menyenangkan bu guru".
Itu membuktikan bahwa dimanapun kegiatan pembelajaran dilakukan tetap bisa menyenangkan. Itu semua tergantung dari kegiatannya, dan lingkungannya yang mendukung. Serta kerajasama orang tua, murid, dan guru.
Komentar
Posting Komentar