Bentuk kegiatan ujian bahasa Inggris yang berbeda dari sebelumnya membuat Abu Bakar As-Siddiq penasaran. Guru memberitahu siswa alat dan bahan yang diperlukan dalam ujian Bahasa Inggris kali ini yaitu snack/makanan ringan. Aspek-Aspek yang dinilai adalah kelancaran (fluency), pengucapan (pronounciation), intonasi (intonation), dan kosakata (vocabularies). Tujuan dari pembelajaran adalah meningkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa inggris dan kepercayaan diri.
Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba (12/03), di SDJuara Tangerang semua siswa mendengarkan alur drama yang diambil dari semua bab yang telah mereka pelajari.
1st chapter : Time (waktu)
2nd chapter: Place (tempat)
3rd chapter : Comparison (perbandingan)
4th chapter : Expression for Giving Good ( ekspresi memberikan makanan). Alur drama menggunakan 4 pos sesuai dengan 4 bab yang sudah dipelajari.
2nd chapter: Place (tempat)
3rd chapter : Comparison (perbandingan)
4th chapter : Expression for Giving Good ( ekspresi memberikan makanan). Alur drama menggunakan 4 pos sesuai dengan 4 bab yang sudah dipelajari.
Siswa terbagi menjadi 3 kelompok. Pos pertama setiap anggota dalam kelompok mengambil satu kertas yang beisikan tentang jam, siswa menyebutkannya dalam bahasa inggris. Siswa terakhir menyebutkan jam sebenarnya dengan menggunakan media jam dinding. " it's nine o'clock" ujar Rahil sambil menunjukkan kertas yang bertuliskan jam.
Pos kedua, setiap siswa menunjuk tempat wisata yang ingin ia kunjungi dan siswa yang lain memberikan tanggapannya. "Let's go to the village" Ungkap Zainal. " no, no, no I always go to to village on holiday" jawab Rifki teman dalam kelompoknya.
Pos ketiga, siswa melihat beberapa gambar dan ia memberikan ekspresi sederhananya dalam bahasa inggris " look she is beautiful, what a beautiful girl" ujar Salwa sambil menunjuk gambar. Setelah semuanya memberikan ekspresi sederhananya masing-masing, mereka mengambil kertas kembali yang berisikan tentang gambar yang harus ia buat kalimat perbandingannya. "Doraemon is cleverer than Nobita" Rahil membuat perbandingan.
Pos keempat, siswa memberikan makanan yang sudah mereka bawa sebelumnya untuk diberikan kepada temannya. "Here's some pocarisweat for you, Rehan" Ucap kiki sambil memberikan makananya. "Thank you" Rehan memberikan respon. "Ok" Ujar kiki. Setelah semuanya telah membagi makanannya kepada salah satu temannya. Mereka makan bersama dan mereka membuat kartu ucapan terima kasih.
Alhamdulillah ujian berjalan dengan lancar, seru, dan siswa kelas 4 sudah berani untuk berbicara bahasa inggris dengan teman-temannya. Hal yang membuat saya bangga kepada dalam kegiatan kali ini adalah siswa memberi semangat temannya yang belum bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan baik. Alhamdulillah, sikap kepedulian mereka terhadap temannya sudah tumbuh dengan baik. Semoga dari kegitan kali ini, siswa dapat menggunakan apa yang telah mereka pelajari di luar sekolah agar mereka dapat terus meningkatkan kemampuannya dalam bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan membuat siswa menjadi lebih enjoy dan semangat belajar bahasa Inggris.
English is Fun
Kontributor : Dian Islamiati Harahap, S. Pd
#Short Drama
Rumah Zakat
Indonesia Juara Foundation
Rumah Zakat Tangerang
Indonesia Juara Foundation
Rumah Zakat Tangerang
Komentar
Posting Komentar