Oleh : Aditya Jessika Susanti Said, S.Pd
Tangerang - Pemerintah menghimbau kepada para masyarakat untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.
Saya sebagai tenaga pengajar (guru) memilih salah satu diantara banyaknya aplikasi pendidikan maka, dari beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung produktivitas ketika bekerja dari rumah atau WFH, yakni Zoom.
Pasalnya, aplikasi Zoom dapat digunakan untuk pembelajaran online secara tatap muka gratis, bahkan cara penggunaannya tergolong mudah.
Saya sebagai tenaga pengajar (guru) memilih salah satu diantara banyaknya aplikasi pendidikan maka, dari beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung produktivitas ketika bekerja dari rumah atau WFH, yakni Zoom.
Pasalnya, aplikasi Zoom dapat digunakan untuk pembelajaran online secara tatap muka gratis, bahkan cara penggunaannya tergolong mudah.
Aplikasi Zoom dapat digunakan di ponsel atau smartphone dan di komputer atau PC. Aplikasi zoom, alternatif pembelajaran jarak jauh karena zoom mampu mendukung siswa - siswi SD Juara Tangerang platform cloud yang mudah dan andal untuk konferensi video dan audio, kolaborasi, obrolan, serta webinar di seluruh perangkat seluler, desktop, telepon, dan sistem ruang.
Skema awal saya menggunakan aplikasi zoom adalah untuk memberikan informasi yang diharuskan secara langsung dan secara menyeluruh kepada siswa - siswi dengan cara memanfaatkan aplikasi zoom tersebut. Melalui, video interaktif siswa dan guru mampu dengan jelas apa yang sedang disampaikan oleh guru, bisa menjadi forum diskusi, dan melihat siswanya sedang mengerjakan tugas - tugas. Kendala dari aplikasi ini, beberapa siswa belum memiliki aplikasi tersebut dikarenakan teknis seperti kouta, sinyal, atau kapasitas hp tidak mendukung. Secara keseluruhan aplikasi zoom sangat membantu kami guru sebagai media pembelajaran alternatif jarak jauh.
Skenario pembelajaran yang saya lakukan yaitu (1) pembuka, kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa, kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa yaitu Aulia.
(2) kegiatan inti, kegiatan dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca teks di halaman 160 "menggunakan media sosial", guru memberikan siswa kesempatan untuk bertanya terkait teks dan siswa lain diberi kesempatan menjawab sebelum guru merespons, selanjutnya siswa menyimak guru memberi tambahan informasi mengenai "Media Sosial dan Tips Membuat Anak Bijak Menggunakan Media Sosial".
(2) kegiatan inti, kegiatan dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca teks di halaman 160 "menggunakan media sosial", guru memberikan siswa kesempatan untuk bertanya terkait teks dan siswa lain diberi kesempatan menjawab sebelum guru merespons, selanjutnya siswa menyimak guru memberi tambahan informasi mengenai "Media Sosial dan Tips Membuat Anak Bijak Menggunakan Media Sosial".
(3) penutup, guru meminta siswa menyampaikan penilaiannya tentang kegiatan hari ini. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan kegiatan yang paling disukai, materi pembelajaran, dan pendapat mereka tentang "aplikasi zoom". Terakhir, salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa yaitu Aulia.
Testi dari teman - teman kelas 3 mengenai aplikasi zoom dan materi pembelajarannya sebagai berikut : "Awalnya aku bingung cara pakai aplikasi zoomnya bu, tapi setelah diajarin ibu guru saya jadi tahu. Aku jadi bisa lihat teman - teman aku, kangen kalian semua" ujar Syifa (9) anak yang periang.
"Seru bu, saya jadi ketawa terus itu ada teman - teman di video zoom. Hai, sedang apa alif?"ujar Ardy (9) dengan senyum manisnya.
"Seru bu, saya jadi ketawa terus itu ada teman - teman di video zoom. Hai, sedang apa alif?"ujar Ardy (9) dengan senyum manisnya.
"Bagi aku seru, bisa lihat ibu guru dan semua teman - temanku bu, pagi ini materinya juga seru tentang media sosial, pas banget yah bu nih kita sedang pakai media sosial yaitu aplikasi zoom". Ujar aulia (9) yang penuh kasih sayang.
Komentar
Posting Komentar