Ujian di jam pertama kelas 4 hari (11/03), adalah SBdP tentang karya seni aplikasi, suatu karya hias dalam bidang jahit menjahit yang dibuat dengan jalan menempelkan aplikasi berupa guntingan kain yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk-bentuk yang diinginkan. Tema kelas 4, Abu Bakar As-Siddiq kali ini adalah kayanya negeriku.
Alat dan Bahan untuk karya seni aplikasi adalah:
1. Dacron
2. Kain Flannel
3. Jaru jait
5. Benang
6. Gunting
1. Dacron
2. Kain Flannel
3. Jaru jait
5. Benang
6. Gunting
Alhamdulillah, Abu Bakar As-Siddiq telah membawa alat yang diperlukan kecuali dacron dan kain flannel yang telah disediakan sekolah.
Pertama, mereka bersiap untuk membuat konsep gambar atau bentuk yang ingin mereka buat, banyak sekali keseruan dalam tahapan ini. " Ms, hidung panda gimna ms?" tanya Zailnal. "Nih gini caranya..." Ujar Dimas sambil mengajarkan Zainal". Alhamdulillah, sekarang siswa sudah memahami bagaimana cara membantu teman saat diri sendiri juga lagi ada pekerjaan. " Ms. Aku mau buat ice bear, tapi kapalanya aja.. " Ujar Riski. "Ms, aku mau buat ikan ya" ungkap Salwa. " Kalu aku mau buat Kepalanya panda ms, tapi gimna ya ms? Tanya Fauzan. "nih gini nih,,,". Jawab Fimas sambil memggambar kepala panda.
Keseruan bukan hanya pada tahapan tersebut saja, keseruan lainnya di tahapan kedua adalah proses menjahit. Hampir semua siswa kelas 4 belum dapat menjahit dengan baik. Guru membimbing mereka dan teman yang sudah bisa mengajarkannya kembali kepada teman yang belum bisa. Tujuan dari menjahit adalah melatih emosi siswa agar selalu berhati-hati dan bersabar dalam melakukan sesuatu. Selain itu, dengan menjahit siswa dapat mengetahui cara memperbaiki bajunya yang rusak, dan bagaimana cara mendaur ulang suatu kain bekas menjadi fungsi lain seperti dengan membuat karya seni. "Ms, aku udah selesai buat konsepnya, sekarang tinggal menjahit tapi aku tidak bisa ms" Ungkap Baidowi. Guru membimbingnya agar tetap semangat untuk belajar dan alhamdulillah ia bisa menyelesaikan jahitannya.
Tahap ke tiga adalah memasukkan dacron untuk mengisi kain yang sudah terbentuk dan terjahit. Proses ini sangat mudah dan menyenangkan bagi siswa kelas 4. "Ms, yeayy aku udah jadi ms, tggal masukin dacron ya..." ungkap Senja bahagia.
Dari proses pembuatan karya seni aplikasi banyak sekali hal-hal yang dapat dijadikan pembelajaran untuk semua, termasuk seperti momen Dimana ada salah satu siswa kelas 4 yang sempat menyerah untuk menyelesaikan ujian praktiknya yaitu Kiki.
"Buat apaaaa ini ms??? Buat naga, beruang, apa kijang ms? pusing saya... Saya g bisa buat apa2, Ngejaitnya saya juga g bisaðŸ˜" Ungkap Kiki sedih.
Tapi, alhamdulillah kiki mendapat motovasi dari teman-tannyayang semangat untuk membuat karya nya. Ia bertanya kepada guru dan teman-temannnya cara membuatnya. Barakallah is berhasil menyelesaikannya.
"Yeayyyy ternyata aku bisa ms, aku bikin semangka ... Gampang ms😃" Ungkap Kiki bahagia.
Nothing Impossible If You Want to Try
Kontributor : Dian Islamiati Harahap, S. Pd
Komentar
Posting Komentar